Rabu, 09 Februari 2011

5 Hewan Aneh Yang Mempunyai Mata Dibelakang Kepala


5. Indian Cobra
Sebagai salah satu jenis ular yang paling beracun, Cobra India adalah predator yang sangat ditakuti.

Dengan kemampuannya yang unik yaitu dapat meludahkan racun dan gigitannya yang tajam mungkin bertanya-tanya mengapa hewan ini mempunyai eyespots. Sama seperti binatang kainnya, Cobra India mempunyai predator yang juga mengincarnya oleh karena itu eyespots dipunggungnya menjadi tanda seberapa bahayanya dirinya itu.

4. Moth Caterpillar
Mungkin berbagai jenis burung dan mamalia menganggap ulat adalah cemilan yang bergizi. Tetapi ulat ini lebih menakutkan daripada ulat ulat yang lain...


Hewan ini memiliki berbagai warna eyespots sebagai tanda ancaman bagi predator lain. Hal sangat efektif menghalangi burung dan predator karnivora lainnya pergi. Sangat cerdik, melihat eyespots itu tampak seperti milik kepala binatang yang jauh lebih besar, lebih ganas dan lebih menakutkan dan yang jelas sukses untuk menakuti pemangsa yang datang.

3. Butterfly Fish
Ikan Butterfly memiliki kemampuan untuk mengaburkan perbedaan antara kepala dan ekornya untuk melindungi dirinya dari sergapan predator.

Taktik yang luar biasa ini berkembang dengan adanya sepasang mata palsu (eyespot) di ujung ekor tubuh mereka, sementara mata aslinya sendiri isamarkan dengan sebuah garis berwarna yang berada disekitar wajah.

Hal ini adalah trik licik, mencegah predator yang sedang berburu untuk mendapatkan mereka, saat predator bermaksud menyerang dari arah belakang , ikan gesit yang indah berenang ke arah berlawanan yang tidak diinginkan predator, meninggalkan pemangsanya dalam keadaan terkejut dan perut keroncongan.

2. Killer Whale
Eyespot pada Paus Pembunuh adalah sebagai bentuk pertahanan diri. Eyespot pada hewan ini berbentuk titik berwarna putih pada kepala bagian atas belakang dari paus pembunuh.

Eyespot ini memberikan efek "mata yang sangat besar" untuk menakuti mangsanya dan menjaga agar paus ini tetap dapat bertahan hidup

1. Emperor Moth
Ngengat memiliki "replika" mata yang menakjubkan disepangjang sayap mereka. Kesempurnaan mata "replika" ini luar biasa dan bahkan menakutkan bila dilihat di alam liar. Segala macam variasi ada, mulai dari bintik hitam yang sederhana hingga yang betul-betul membentuk mata. Sebuah contoh dari teknik yang indah dapat dilihat di Ngengat Kaisar.

Mata Palsu yang dapat digunakan untuk menggertak dan menipu musuh bertujuan untuk melindungi ngengat. Pola yang mencolok ini dapat mengalihkan predator. Mata palsu ini juga berfungsi sebagai peringatan untuk burung, mereka akan lansung mundur saat melihat mata besar yang melotot ketika sayap ngengat ini dibentangkan

mata pada sayap ngengat terlihat seperti hewan besar yang siap memangsa burung apabila mendekatinya, hal yang sangat pandai untuk digunakan sebagai pertahanan, hal ini menunjukkan bentuk pertahanan diri yang hebat terhadap predator tertinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

Komeng di sini....

Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...